Tue. Apr 23rd, 2024
Berbagai Jenis Radio Yang Banyak Digunakan Masyarakat

Berbagai Jenis Radio Yang Banyak Digunakan Masyarakat

Berbagai Jenis Radio Yang Banyak Digunakan Masyarakat – Radio merupakan salah satu perangkat elektronik yang banyak digunakan masyarakat selain televisi. Oleh karena itu radio sebagai alat komunikasi elektronik sudah familiar sejak zaman dahulu dan merupakan alat penyebar berita sejarah.

Istilah lain dari berbagai jenis radio adalah media massa dengan metode satu arah dalam menyampaikan pesan, informasi, berita dan hiburan kepada masyarakat dengan jangkauan tertentu. Radio terdiri dari beberapa komponen didalamnya yaitu, osilator dan mixer, lingkaran tuner, penguat frekuensi menengah (MF/IF), detektor, penguat suara (AF), penguat ujung, dioda dan berbagai macam resistor. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis radio, simak penjelasannya berikut ini.

Berbagai Jenis Radio Yang Banyak Digunakan Masyarakat

Berawal dari inovasi radio yang dikembangkan oleh James Maxwell, proses ini berlangsung dengan waktu yang cukup lama. Hingga saat ini radio menjadi media komunikasi massa yang masih populer digunakan. Pada tahun 1865, James Maxwell menemukan gelombang elektromagnetik yang dapat digunakan pada radio dan televisi.

Teori Maxwell mengatakan bahwa gerak magnet dapat melintasi ruang angkasa dengan kecepatan hampir sama dengan kecepatan cahaya, yaitu 186.000 mil/detik. Teori gelombang elektromagnetik James Maxwell dibuktikan oleh Heinrich Hertz pada tahun 1884 mengenai frekuensi gelombang.

Pada suatu ketika, Guglemo Marconi menggunakan teori tersebut sebagai bahan penelitiannya, dan benar-benar menguji keberadaan teori tersebut. Saat itu, Marconi bisa mengirimkan data informasi tanpa menggunakan kabel yang melintasi Samudera Atlantik.

Hingga akhirnya radio mengalami perkembangan yang dapat digunakan oleh masyarakat hingga saat ini. Walaupun dalam radio terdapat kekurangan dan kelebihan, namun media komunikasi ini diakui sebagai media massa yang handal karena cukup efektif dalam menyampaikan pesan dan informasi. Dalam proses perkembangan radio mengikuti perkembangan zaman, saat ini banyak sekali jenis radio yang diciptakan.

Jenis-Jenis Radio di Indonesia

Berikut beberapa jenis radio yang digunakan di Indonesia.

1. Radio Publik

Radio publik atau biasa disebut radio pemerintah ini merupakan suatu sistem radio yang sepenuhnya dipegang oleh pemerintah. Pengelolaannya dilakukan oleh salah satu kementerian dalam pemerintahan yang telah disetujui dan diatur dengan undang-undang.

Dalam arti lain seluruh kendali dan pengoperasian radio ini dipegang khusus oleh pemerintah. Salah satu contohnya adalah RRI (Radio Republik Indonesia). RRI ini secara lengkap telah diproses oleh Kementerian Penerangan yang telah dikukuhkan dengan Surat Keputusan Menteri Penerangan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 1968.

2. Radio Swasta

Berbeda dengan radio publik yang dikuasai sepenuhnya oleh pemerintah. Bahwa radio swasta ini merupakan radio yang dimiliki dan dikelola oleh perorangan yang bersifat komersial. Dengan demikian, sumber pendapatan operasional radio swasta ini seluruhnya berasal dari iklan. Meskipun demikian, radio swasta tetap berada di bawah undang-undang mengenai penyiaran yang disetujui melalui izin pemerintah.

Dengan demikian, radio swasta di Indonesia masih berada di bawah naungan peraturan perundang-undangan, salah satunya adalah lembaga sensor. Berbeda halnya di Amerika, ada beberapa radio yang bertipe radio swasta antara lain CNS, ABC, NBC, dan MBS. Radio-radio ini, berdasarkan sistem pemerintah Amerika Serikat bahwa radio swasta mempunyai kebebasan penuh dalam penyiaran. Dengan kata lain, beberapa radio swasta tersebut tidak mengenal kata sensor.

3. Radio Komunitas

Jika radio publik diselenggarakan oleh pemerintah, maka radio swasta diselenggarakan oleh perseorangan, berbeda dengan radio komunitas yang diselenggarakan secara bersama-sama dalam suatu komunitas tertentu. Adalah komunitas radio ini dibentuk melalui kewajiban bersama oleh berbagai kelompok masyarakat lewat suatu komunitas yang dapat mengeluarkan sumber dayanya.

Pengoperasian alat-alatnya masih sederhana dengan memanfaatkan alat-alat seadanya agar dapat bekerja dengan baik semaksimal mungkin. Jadi beberapa peralatan yang digunakan cenderung bukan alat yang canggih dan mahal.

Jadi dapat dikatakan jangkauan yang dimiliki oleh radio komunitas ini sangat terbatas, hanya pada wilayah dan wilayah komunitas itu sendiri. Secara umum radio komunitas disebut juga dengan radio pendidikan, radio sosial, atau radio alternatif lainnya.

Radio Berlangganan

Radio berlangganan ini merupakan radio yang sejenis atau mempunyai sifat serupa dengan radio publik. Dimana pengendalian radio dipegang oleh suatu lembaga yang disebut Lembaga Penyiaran Berlangganan. Lembaga Penyiaran Berlangganan adalah lembaga penyiaran di Indonesia yang berbentuk badan hukum.

Selain itu, lembaga merupakan badan penyelenggara penyiaran berlangganan yang telah diakui izin penyelenggara penyiaran berlangganan. Dengan demikian, dapat menyebarluaskan dan mentransmisikan siaran kepada masyarakat dari radio berlangganan.

Jenis-jenis radio menurut barangnya

Selain beberapa jenis radio yang ada di Indonesia, saat ini terdapat radio yang pada dasarnya jenis barangnya. Berikut ini pengertiannya.

1. Radio pagi

Radio AM atau modulasi amplitudo, merupakan radio yang bekerja berdasarkan prinsip modulasi gelombang radio dan gelombang audio. Kedua gelombang ini mempunyai amplitudo kontinyu yang konstan. Namun proses modulasi akan mengubah amplitudo gelombang penghantar (radio) sesuai dengan amplitudo gelombang audio.

2.Radio FM

Radio FM atau modulasi frekuensi, merupakan radio yang cara kerjanya mirip dengan radio AM, yaitu dengan memodulasi gelombang radio (konduktor) dengan gelombang audio. Hanya saja, pada radio FM ini ketika proses modulasi menyebabkan perubahan frekuensinya.

Radio dengan sistem FM ini mempunyai distribusi musik yang jauh lebih sempurna dibandingkan AM, dimana hasil produksi suara musik dapat terdengar lebih jernih, tajam, dan sesuai dengan aslinya. Pada siaran FM komposisi bass dan treble menyatu secara harmonis, berbeda dengan siaran AM yang menyuguhkan musik dengan treble tumpul dan bernoissy.

3.Radio Internet

Sejak ditemukannya internet, hal ini mulai mengubah transmisi sinyal analog yang digunakan oleh radio konvensional. Radio internet atau dikenal dengan web radio, streaming radio, dan e-radio bekerja dengan cara mentransmisikan gelombang suara melalui internet atau merupakan layanan penyiaran audio yang ditransmisikan melalui internet.

Sistem kerja ini memungkinkan siaran radio terdengar ke seluruh dunia jika pendengarnya memiliki perangkat internet. Itu sebabnya banyak ekspatriat yang menggunakan radio internet sebagai obat rindu dengan negara asalnya. Di Indonesia, radio internet biasanya dikolaborasikan dengan sistem radio analog oleh stasiun radio terestrial untuk memperluas jangkauan siarannya.

4. Radio Satelit

Radio satelit mentransmisikan gelombang audio menggunakan sinyal digital. Beraneka ragam beserta sinyal analog yang bekerja dengan menggunakan gelombang konstan, maka gelombang suara dikirimkan lewat sinyal digital dalam bentuk kode biner 1 dan 0. Karena menggunakan satelit isyarat ini dipindahkan ke wilayah jangkauan yang lebih jauh dan luas.

Hanya saja siaran radio satelit hanya bisa diterima menggunakan perangkat khusus yang mampu menerjemahkan sinyal terenkripsi. Selain itu siaran radio satelit ini hanya dapat diterima pada tempat terbuka dimana antena pada bidang radio mempunyai garis pandang yang sejajar dengan satelit pemancar. Radio satelit hanya dapat bekerja di area yang tidak mempunyai penghambat besar seperti gedung atau terowongan. Oleh sebab itu alat radio satelit pas dan dipromosikan secara luas buat radio mobil.

5. Radio Definisi Tinggi (Radio HD)

Radio HD atau biasa dikenal dengan radio digital merupakan radio yang bekerja dengan menggabungkan sistem analog dan digital sekaligus serta ditambahkan beberapa macam saklar. Sistem ini memungkinkan dua stasiun digital dan analog untuk berbagi frekuensi yang sama. Hal ini memungkinkan beberapa konten disiarkan dalam posisi yang sama dan lebih efisien. Untuk kualitas suara yang dihasilkan radio HD sejernih radio satelit, namun layanan yang ditawarkan gratis.

By admin