Tue. Apr 23rd, 2024
Kenali Dulu Peralatannya Sebelum Memulai Siaran Radio

Kenali Dulu Peralatannya Sebelum Memulai Siaran Radio

Kenali Dulu Peralatannya Sebelum Memulai Siaran Radio – Katanya kalau mau jadi penyiar harus pandai berbicara dan punya suara yang bagus. Kata siapa? Kini Anak Trax tidak perlu harus pandai berbicara dan mempunyai suara yang bagus. Hanya cukup mempunyai kemauan yang kuat dan rasa percaya diri. Mereka pasti bisa dan yang paling penting mereka harus mengetahui dan memahami peralatan yang akan dioperasikan di ruang siaran.

Sama halnya seperti ini Ketika seorang dokter ingin melakukan operasi maka diperlukan perlengkapan dokter yaitu alat operasi. Dokter mempunyai perlengkapan kerja begitu pula penyiar radio. Ia memiliki perlengkapan yang selalu menemaninya saat siaran di studio. Tak kenal maka tak sayang. Jika Anda ingin memperdalam profesi sebagai penyiar radio, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu peralatan-peralatan yang membantu penyiar dalam bekerja.

Kenali Dulu Peralatannya Sebelum Memulai Siaran Radio

Ingin membuat radio streaming untuk sekolah, kampus, start-up, komunitas, atau sekedar hobi? Berikut perlengkapan yang harus dipersiapkan. Alat-alat ini relatif mudah didapat baik di toko online maupun offline. Jika kita memiliki peralatan radio streaming berikut ini, selain bisa menyiarkan radio streaming, kita juga bisa menghosting podcast. Lantas, Seperti apa alat-alat yang ada di ruang siaran? Berikut beberapa perlengkapan di ruang siaran yang perlu Anda ketahui.

Mikropon

Mikrofon sepertinya menjadi hal penting yang menunjang pekerjaan saat siaran. Mikrofon atau mic mempunyai fungsi menyalurkan suara ke speaker out. Apa jadinya jika penyiar tidak menggunakan mikrofon saat siaran? Ya, tidak ada keluaran audio yang sampai ke telinga pendengar.

Secara teknis, mic ini memiliki tipe dan spesifikasi yang beragam. Misalnya ada mic basic dan wireless, atau ada microphone mono dan stereo. Atau ada microphone yang mengharuskan Anda berada pada jarak 1-2 inchi dari bibir. Namun, ada juga yang tidak perlu terlalu dekat dengan mikrofon.

Headphone

Alat ini masih fleksibel untuk digunakan oleh lembaga penyiaran radio. Penyiar radio ada yang menggunakannya saat siaran, ada juga yang tidak. Sebenarnya tujuan penggunaan headphone adalah untuk memantau suara atau lagu yang sedang diputar agar suara yang terdengar di headphone sama dengan suara yang disiarkan ke pendengar radio.

Selanjutnya pemakaian headphone tujuannya untuk memperkirakan sapuan jika memakai speaker kontrol biasa lantaran di ruangan tersebut speaker juga aktif selama siaran.

Audio mixer

Alat ini memang terlihat paling rumit untuk digunakan saat memasuki ruang siaran. Mixer audio adalah perangkat yang mengontrol suara yang dilepaskan ke udara. Para penyiar tentunya harus mengetahui cara kerja alat ini agar siarannya lancar.

Terdapat saluran atau tombol yang harus Anda pahami untuk setiap fungsinya. Misalnya ada saluran microphone, saluran komputer, telepon hybrid, perangkat relay, dan lain sebagainya.
Ada juga fader, yaitu tombol yang biasanya digerakkan dari bawah ke atas. Perhatikan juga indikator level cahaya/lapisan pada mixer agar sesuai dengan intensitas volume lagu dan microphone.

Telepon hybrid

Tahukah Anda bahwa penyiar radio suka berkomunikasi langsung dengan pendengarnya melalui telepon? Nah, di sinilah fungsi ponsel hybrid berperan. Awalnya telepon biasa, namun karena ada perangkat hybrid yang mengubah telepon menjadi mixer siaran, maka bisa berkomunikasi langsung dengan pendengar di luar sana.

Namun untuk mengantisipasi suara yang mengganggu pendengar, hybrid ini hanya akan diaktifkan sebelum fader mixer dinaikkan.

Compact Disk

CD merupakan media penyimpanan lagu. Walaupun radio saat ini menggunakan komputer dan software untuk memutar lagu, namun CD sangat berguna jika komputer tiba-tiba hang. CD dapat mencakup kondisi udara mati.

Kaset

Kaset adalah suatu benda yang terbuat dari campuran plastik yang berisi gulungan pita karbon yang dapat menyimpan rekaman suara dan gambar. Dahulu kala, sebelum ada CD dan software, radio menggunakan media kaset untuk memutar lagu.

Perangkat lunak

Nah, agar siarannya lancar dari awal hingga selesai, ada software yang biasa digunakan radio-radio di Indonesia saat siaran. Perangkat lunak tersebut disebut Perangkat Lunak Radio Otomasi Matriks. Tujuannya adalah untuk mengorganisasikan segala data yang berkaitan dengan lagu, naskah, jingle, sisipan, dan lain-lain, yang kemudian diolah menjadi informasi yang hasilnya dapat dinikmati oleh pendengar.

Paket perangkat lunak ini terdiri dari 6 modul (6 perangkat lunak) antara lain modul onair, modul traffic, modul pengarah musik, modul produksi, modul SMS, dan modul berita. Meskipun tidak semua radio menggunakan software ini, Matrix dan RCS adalah software yang paling umum digunakan.

Komputer

Kalau ada software tentu harus ada komputer. Selain mengoperasikan software radio, komputer yang didukung internet juga dapat menjadi media interaksi penyiar dengan pendengar melalui media sosial.

Flashdisk

Fungsi Flash disk adalah sebagai media penyimpanan data. USB flash drive adalah perangkat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki konektor USB terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, dan dapat dibaca dan ditulis dengan mudah. Jika file lagu yang ada di komputer kurang lengkap, Anda bisa memasukkan lagu tersebut ke dalam flash disk.

Modem

Merupakan singkatan dari modulator-demodulator, yaitu perangkat yang digunakan untuk mengirim dan menerima data dari satu PC ke PC lain melalui kabel telepon. Modem merupakan suatu alat yang bertugas untuk menukarkan data dari bentuk digital ke analog dan sebaliknya. Dengan adanya internet maka dunia penyiaran akan terbantu, karena penulis naskah biasanya mencari bahan berita dari internet. Penyiar juga bisa mendapatkan materi obrolan dari internet. Bahkan siaran radio bisa didengarkan oleh seluruh dunia melalui proses streaming.

By admin