Tue. Apr 23rd, 2024
Manfaat Dan Sistem Kerja Gelombang Radio Dalam Segala Bidang

Manfaat Dan Sistem Kerja Gelombang Radio Dalam Segala Bidang

Manfaat Dan Sistem Kerja Gelombang Radio Dalam Segala Bidang – Gelombang radio merupakan salah satu gelombang elektromagnetik yang mempunyai frekuensi terkecil atau mempunyai panjang gelombang terbesar.

Gelombang radio diklasifikasikan menurut panjang gelombang atau frekuensinya. Jika panjang gelombangnya tinggi maka frekuensinya harus ringan atau sebaliknya. Frekuensi gelombang radio dimulai dari 30 kHz ke atas dan dikelompokkan berdasarkan lebar frekuensi.

Dimana gelombang radio berada dalam rentang frekuensi yang luas mencakup beberapa Hz hingga gigahertz (GHz / power order 9).

Manfaat Dan Sistem Kerja Gelombang Radio Dalam Segala Bidang

Memahami Gelombang Radio

Umumnya gelombang radio dihasilkan dari rangkaian isolator pada perangkat elektronik. Agar lebih jelas mengenai gelombang radio, berikut penjelasannya.

Gelombang radio merupakan radiasi elektromagnetik yang mempunyai frekuensi paling rendah diantara radiasi elektromagnetik lainnya, seperti gelombang mikro atau gelombang infra merah.

Gelombang radio pada jaringan nirkabel memiliki frekuensi antara 30Hz dan 300GHz. Dengan panjang gelombang berkisar antara 1 mm hingga 10.000 km.

Seperti gelombang elektromagnetik lainnya, gelombang radio merambat dengan kecepatan cahaya dan dapat merambat dalam ruang hampa. Oleh karena itu, gelombang ini dapat digunakan sebagai media transmisi dengan menggunakan satelit.

Jenis Gelombang Radio

Ada beberapa jenis gelombang radio, antara lain sebagai berikut:

Gelombang panjang

Gelombang jenis ini mempunyai sinyal yang panjang sehingga dapat menjangkau wilayah yang sangat luas.

Kekurangan dari gelombang ini adalah memerlukan daya listrik yang sangat besar sehingga mahal dalam pengoperasiannya, karena jenis gelombang yang lebar dan panjang mengakibatkan sensitif terhadap (noise) atau gangguan.

Gelombang Pendek

Gelombang pendek memerlukan udara sebagai mediatornya. Jenis gelombang ini adalah SW (gelombang pendek).

Kelebihan tentang gelombang ini yaitu bisa menggapai wilayah (lingkup area) yang luas. Sehingga banyak jumlah  yang dipakai oleh antar benua atau pemancar internasional.

Kekurangan dari gelombang ini adalah banyaknya kebisingan terutama dari sinar matahari, cuaca, udara, petir dll. Suara manusia terdengar dengan baik, namun penggunaan efek suara dapat menurunkan kualitasnya (kabur).

Gelombang Sedang

Gelombang medium memerlukan permukaan bumi sebagai mediatornya. Umumnya gelombang ini digunakan oleh stasiun radio. Jenis gelombang yang digunakan adalah AM (modulasi amplitudo) dan FM (modulasi frekuensi).

Keunggulan gelombang ini adalah permukaan bumi tidak terlalu terpengaruh cuaca sehingga tidak terjadi kebisingan. Kualitas siarannya lebih baik dalam kualitas suara dan efek suara.

Kekurangan gelombang ini adalah tanah lebih cepat menyerap gelombang dibandingkan udara yang menyebabkan jarak jangkauan siaran menjadi lebih sempit sehingga memerlukan booster.

Frekuensi dan Wavelength

Frequency

Frekuensi adalah banyaknya gelombang yang melewati suatu titik dalam satu satuan waktu. Misalnya untuk mencapai jarak tertentu, semakin panjang gelombangnya maka frekuensinya akan semakin rendah.

Panjang Gelombang

Panjang gelombang merupakan selang antara satuan gelombang yang berulang. Diukur dari satu titik pada gelombang ke titik yang bersesuaian pada satuan berikutnya. Dan berimbang terbalik oleh frekuensi gelombang. Arti katanya adalah semakin panjang pendek gelombangnya semakin besar

Modulasi Analog

AM adalah proses melapiskan sinyal informasi ke sinyal pembawa sedemikian rupa. Agar amplitudo gelombang membawa perubahan sesuai dengan perubahan (tegangan) deviasi sinyal informasi.

Modulasi Frekuensi FM dinyatakan sebagai deviasi frekuensi sekejap dari sinyal pengantar (dari frekuensi yang tidak termodulasi) sesuai dengan amplitudo sesaat dari sinyal modulasi.

PM merupakan proses modulasi yang mengubah fasa sinyal pembawa sesuai dengan sinyal modulasi atau sinyal modulasi. Jadi dalam modulasi PM amplitudo dan frekuensi sinyal pembawa tetap, tetapi fase sinyal pembawa berubah sesuai dengan informasinya.

Modulasi Digital

SK mengirimkan sinyal digital pada dasarnya pergesekan amplitudo. Metode modulasi ini adalah cara modulasi yang menerangkan sinyal digital 1 sebagai sinyal digital dan  nilai tegangan 0 sebagai nilai tegangan 0 volt.

FSK adalah metode modulasi yang paling populer. Modulasi digital Frekuensi Shift Keying (FSK) adalah salah satu jenis Modulasi Frekuensi (FM), dimana sinyal modulasi (sinyal digital) menggeser keluaran antara dua frekuensi yang telah ditentukan, yang biasanya disebut frekuensi tanda dan ruang.

PSK merupakan modulasi yang menyatakan pengiriman sinyal digital berdasarkan pergeseran fasa. Biner 0 direpresentasikan dengan mengirimkan sinyal dengan fasa yang sama dengan sinyal yang dikirim sebelumnya dan biner 1 direpresentasikan dengan mengirimkan sinyal dengan fasa yang berlawanan dengan sinyal yang dikirim.

Bagaimana Gelombang Radio Bekerja

Gelombang radio merambat di udara bebas dengan kecepatan 300.000 km/s.

Sinyal radio dipancarkan menggunakan gelombang pembawa.

Getaran suara dalam percakapan telepon, atau getaran yang dihasilkan oleh pengirim tanda telegraf atau faksimili diubah menjadi getaran listrik selama transmisinya.

Panjang gelombang terpanjang yang dipantulkan oleh lapisan udara yang juga berada tinggi di atmosfer bumi disebut ionosfer.

Dengan menggunakan metode yang telah dijelaskan, pesan melalui radio dapat dipantulkan sehingga dapat menjangkau jarak yang sangat jauh.

Sesampainya di area tujuan getar listrik diganti kembali membentuk getaran informasi yang bisa didengar dan dipahami oleh penerima berita, melalui telepon, teleks, faksimili atau monitor penerima televisi.

Manfaat Gelombang Radio

Manfaat gelombang radio antara lain sebagai berikut:

Membawa informasi penting dengan lebih mudah dan bernavigasi.

Transmisi transmisi radio

Memudahkan kontak dengan kendaraan udara (pesawat)

Transmisi data satelit para astronot di luar angkasa mampu menjangkau dan berbicara dengan manusia di bumi.

Memantau dan mengendalikan lingkungan spesifik industri

Mampu Meningkatkan Akurasi. Dengan menggunakan gelombang radio seseorang dapat memantau dan mengendalikan lingkungan industri tertentu.

Demikianlah pembahasan tentang radio gelombang, jenis-jenisnya beserta manfaatnya. Semoga bermanfaat!

By admin