Tue. Apr 23rd, 2024
Apa Perbedaan Radio FM Dan Radio AM Yang Perlu Diketahui

Apa Perbedaan Radio FM Dan Radio AM Yang Perlu Diketahui

Apa Perbedaan Radio FM Dan Radio AM Yang Perlu Diketahui – Apakah teman-teman masih suka mendengarkan radio? Teman-teman mohon diperhatikan, stasiun radio yang didengarkan kebanyakan orang lewat saluran FM ya? Namun sebenarnya stasiun radio juga mengudara melalui saluran AM. Ya, apa perbedaan saluran FM dan AM?

Jika anda sering mendengarkan radio pasti sering menjumpai hal-hal berikut yaitu modulasi amplitudo radio atau radio AM dan modulasi frekuensi radio atau radio FM. Namun, tahukah Anda perbedaan keduanya?

Stasiun radio yang biasanya kita dengarkan memanfaatkan gelombang AM dan FM. AM adalah singkatan dari Modulasi Amplitudo, sedangkan FM adalah singkatan dari Modulasi Frekuensi. Apa bedanya?

Konsep dasar radio adalah mentransmisikan siaran suara dari stasiun radio ke berbagai tempat—umumnya dalam satu wilayah. Agar suara siaran dapat didengar oleh manusia (pendengar), maka gelombang suara dari siaran tersebut ditransmisikan dengan bantuan gelombang radio frekuensi tinggi.

Gelombang suara menumpang ke gelombang radio lain yang biasa disebut gelombang pembawa, yang kemudian termodulasi. Modulasi adalah mengubah komponen gelombang pembawa agar sesuai dengan pola gelombang suaranya.

Apa Perbedaan Radio FM Dan Radio AM Yang Perlu Diketahui

Gelombang termodulasi ditransmisikan dari pemancar radio ke perangkat penerima sinyal radio di rumah kita. Perangkat radio tersebut kemudian hanya menangkap komponen gelombang suaranya saja, hingga kemudian dapat didengar oleh telinga kita.

Modulasi inilah yang membedakan radio FM dan radio AM. Radio AM memakai konsep modulasi amplitudo yakni dengan gelombang suara akan menyesuaikan amplitudo gelombang pembawanya.

Amplitudo merupakan salah satu jarak antara nilai minimum dan  nilai maksimum suatu gelombang, atau tinggi gelombang. Meskipun radio FM memakai modulasi frekuensi yakni gelombang suara akan menyelaraskan frekuensi gelombang pembawa.

Saat ini kebanyakan stasiun radio menggunakan saluran FM, karena FM memiliki kualitas suara yang lebih baik, dan gelombang FM juga lebih tahan terhadap cuaca buruk, berbeda dengan gelombang radio AM yang cukup rentan.

Meski begitu, tingkat jangkauan radio FM tidak sejauh jangkauan gelombang radio AM. Oleh karena itu, untuk dapat menjangkau jangkauan yang lebih luas, pemancar radio FM harus ditempatkan di tempat yang tinggi, atau dibuat sangat tinggi.

Proses Perubahan Gelombang Bunyi

Proses penyiaran radio dimulai dari pendistribusian suara yang disiarkan oleh suatu stasiun radio ke berbagai penjuru kota hingga akhirnya dapat didengar oleh masyarakat.

Tentu saja suara tersebut tidak bisa didengar langsung oleh telinga kita. Oleh karena itu, dalam proses penyiaran radio, diperlukan bantuan lain agar suara Anda dapat didengar secara luas oleh banyak orang.

Pendistribusian gelombang suara pada suatu siaran radio menggunakan bantuan Gelombang Radio yang berfrekuensi tinggi, sehingga dapat menjangkau wilayah yang lebih luas. Gelombang suara tersebut akan menumpang pada gelombang radio lainnya, yang sering juga disebut gelombang pembawa.

Kemudian setelah itu terjadi perubahan komponen gelombang pembawa agar sesuai dengan pola gelombang bunyi. Inilah yang disebut modulasi.

Gelombang suara yang telah diatur oleh pemancar radio tersebut kemudian disalurkan ke perangkat radio yang kita miliki. Tugas alat radio hanya mengambil komponen gelombang suara dan memutarnya agar dapat didengar oleh telinga kita.

Jelaskan perbedaan yang perlu di ketahui terlebih dahulu lalu rencana dasar radio adalah mentransmisikan siaran suara dari satu stasiun radio ke berbagai tempat.

Agar suara yang disiarkan tidak dapat didengar oleh manusia, maka gelombang suara dari suatu siaran dialihkan dengan pertolongan gelombang radio frekuensi tinggi.

Selanjutnya gelombang bunyi tersebut menumpang pada gelombang radio lain atau biasa disebut gelombang pembawa yang akan melakukan modulasi. Perubahan akan membarui perangkat gelombang pembawa agar sesuai dengan gelombang suara.

Berikut Ini Perbedaan Radio AM Dan FM 

sinyal AM

AM merupakan singkatan dari modulasi amplitudo (menggunakan konsep mengubah amplitudo), yang artinya gelombang bunyi akan mengubah amplitudo gelombang pembawa. Amplitudo sendiri merupakan jarak antara nilai maksimum dan nilai minimum suatu gelombang, atau bisa juga disebut tinggi gelombang.

Sinyal AM merupakan suatu bentuk penyesuaian bila sinyal laporan disatukan dengan sinyal pembawa berlandaskan pergantian amplitudonya. Gambaran modulasi yang berlangsung bervariasi secara setara bersumber dari sinyal yang dimodulasi.

Untuk rentang frekuensi, sinyal AM memiliki rentang sinyal 500 Hz hingga 1600 KHz dengan panjang gelombang 1600 KHz hingga 30.000 KHz. Radio AM adalah metode pertama yang digunakan dalam penyiaran radio komersial.

Sinyal AM memiliki beberapa kelemahan, seperti mudah terganggu oleh gangguan atmosfer dan kualitas suara yang dihasilkan dibatasi oleh bandwidth yang sempit.

sinyal FM

FM adalah singkatan dari modulasi frekuensi (menggunakan konsep perubahan frekuensi), yang artinya gelombang suara akan mengubah frekuensi gelombang pembawa.

Sinyal FM merupakan salah satu wujud modulasi saat frekuensi sinyal pembawa dimodifikasi secara seimbang berlandaskan amplitudo sinyal informasi. Rentang frekuensi sinyal FM adalah 88 MHz hingga 108 MHz oleh karena itu sinyal FM termasuk dalam Frekuensi Sangat Tinggi (VHF). Sedangkan untuk panjang gelombang, sinyal FM berada di bawah 1000 KHz.

Saat ini sinyal FM populer digunakan sebagai frekuensi radio karena mempunyai bandwidth yang lebih lebar dan dapat menghasilkan suara stereo dengan menggabungkan beberapa saluran audio dalam satu gelombang pembawa. Selain itu, sinyal FM lebih tahan terhadap interferensi dan potensi interferensinya lebih kecil.

Itulah perbedaan sinyal AM dan FM pada frekuensi radio. Hal ini dikarenakan radio FM menciptakan kapasitas nada yang lebih baik dan saluran radionya lebih kuat melawan cuaca buruk dibandingkan radio AM. Namun kelebihan radio AM adalah jangkauannya lebih luas dibandingkan radio FM.

Agar dapat menjangkau wilayah yang lebih luas, pemancar radio FM biasanya harus ditempatkan di tempat yang tinggi. Inilah sebabnya mengapa pemancar radio dibuat sangat tinggi.

By admin