Tue. Apr 23rd, 2024
Pengertian Dan Karakteristik Radio Yang Memiliki Ciri Khas

Pengertian Dan Karakteristik Radio Yang Memiliki Ciri Khas

Pengertian Dan Karakteristik Radio Yang Memiliki Ciri Khas – Radio adalah benda elektronik yang berprofesi dalam keuniversalan. Sejarah penciptaan radio telah membawa pada penemuan berbagai penemuan, bahkan pada masa awal penemuan radio, alat ini telah membantu menyelamatkan nyawa penumpang kapal Titanic.

Radio merupakan salah satu media massa atau media penyiaran yang masih eksis hingga saat ini. Banyak orang yang masih memanfaatkannya sebagai sumber informasi atau sekedar mencari hiburan melalui musik. Pengertian radio Dikutip dari Encyclopaedia Britannica, perangkat ini merupakan koneksi suara lewat gelombang radio dari satu stasiun ke banyak yang mendengarkan.

Umumnya dengan transmisi berita, musik, dan macam program lainnya. Dilansir dari buku Panduan Jurnalisme Penyiaran Menjadi Penyiar, Reporter, & Penulis Naskah karya Asep Syamsul M. Romli, radio disebut sebagai “fifth power” atau estate kelima setelah lembaga eksekutif (pemerintah), legislatif (parlemen), lembaga peradilan (judiciary), dan pers atau surat kabar.

Pengertian Dan Karakteristik Radio Yang Memiliki Ciri Khas

Karena radio mempunyai kekuatan langsung, tidak mengenal jarak dan rintangan, juga mempunyai daya tarik tersendiri seperti suara, musik, dan efek suara. Ciri radio adalah bersifat auditif yaitu dikonsumsi oleh telinga atau pendengaran. Selain itu radio juga mempunyai ciri-ciri, kelebihan dan kekurangan. Apakah mereka?

Karakteristik Radio

Radio mempunyai ciri-ciri yang membedakannya dengan media massa lainnya, yaitu:

Pendengaran

Radio adalah suara yang harus didengar dan tidak dapat diulangi lagi. Untuk mencapai sasarannya yaitu pendengar, maka hal atau program yang disampaikan tidak melalui proses yang rumit.

Siaran radio menembus jarak dan rintangan

Faktor lain yang menyebabkan radio dianggap mempunyai kekuatan adalah radio siaran tidak mengenal jarak dan hambatan. Selain waktu ruang tidak menjadi masalah bagi siaran radio. Sejauh apapun tujuannya dengan radio bisa dijangkau, gunung, lembah, gurun pasir, atau lautan luas, tidak ada satupun yang menjadi kendala.

Siaran radio mengandung daya tarik

Faktor ketiga yang menyebabkan radio siaran mempunyai kekuatan adalah kuatnya daya tarik yang dimilikinya. Daya tarik ini karena sifatnya yang hidup.

Teater Pikiran

Siaran radio menggunakan kekuatan kata-kata dan suara untuk menciptakan imajinasi.

Penularan

Pesan yang disampaikan kepada pendengar dilakukan melalui transmitter atau transmisi.

Berisi Gangguan

Siaran radio sering kali mengandung gangguan teknis, seperti faktor kebisingan saluran dan tenggelam atau memudar.

Identik Dengan Musik

Radio menghadirkan berbagai lagu sebagai hiburan bagi pendengarnya. Salah satu daya tariknya adalah pendengar biasanya tidak mengetahui urutan pemutaran lagu root.

Keunggulan radio

Radio mempunyai keunggulan sebagai berikut:

Sederhana

Baik pengelola radio maupun pendengarnya tidak ribet dan mempunyai banyak pernak-pernik. Tidak ribet, tidak banyak pernak-perniknya, baik bagi pengelola maupun pendengarnya.

Familiar

Radio merupakan alat yang familiar bagi pemiliknya. Anda jarang duduk berkelompok untuk mendengarkan radio, tetapi biasanya mendengarkannya sendirian, seperti di mobil, di dapur, dll.

Cepat Dan Langsung

Sarana tercepat lebih dari surat kabar atau TV, untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tanpa melalui proses rumit yang memerlukan banyak waktu seperti siaran TV atau media cetak. Melalui telepon, reporter radio dapat menyiarkan berita secara langsung. Radio merupakan media massa yang bisa lebih cepat dibandingkan televisi atau surat kabar, tanpa melalui proses yang rumit. Sehingga proses penyampaian pesannya, tidak memerlukan banyak waktu seperti televisi atau media cetak.

Murah

Murah Dibandingkan berlangganan media cetak atau harga pesawat televisi, radio relatif jauh lebih murah. Pendengar yang baik tidak akan diambil biaya sepeser pun untuk mendengar radio.

Tanpa Batas Waktu

Siaran radio sampai menembus garis geografis, demografi, etnis, ras, dan kelas sosial untuk menyampaikan pesan dan menghibur pendengarnya. Hanya orang tuli saja yang tidak bisa menikmati siarannya.

Di Dekat

Suara penyiar hadir di dalam rumah, bahkan di dekat pendengarnya. Percakapan langsung menjadi pribadi. Percakapannya seringkali langsung menyentuh aspek pribadi.

Hangat

Kata-kata, efek suara, dan musik dalam sebuah siaran radio dapat mempengaruhi emosi pendengarnya. Kata-kata yang hangat dan terbimbing, musik, dan efek suara dalam siaran radio dapat mempengaruhi emosi pendengar. Sehingga hangatnya suara penyiar membuat pendengarnya mengira mereka adalah sahabat.

Intim

Biasanya orang mendengarkan radio saat sendirian. Misalnya saat berkendara, berada di dapur, kamar, dan lain sebagainya. Dengan begitu, penyiar merasa dekat dengan audiensnya.

Fleksibel

Mendengarkan radio bisa dilakukan bersamaan dengan hal lain, tanpa mengganggu aktivitas.

Bisa Mengulang

Radio mempunyai sifat ephemerality yang alami sehingga mempunyai kemampuan untuk mengulang informasi yang telah disampaikan dengan cepat. Kemampuan Radio mengulang informasi yang telah disampaikan dengan cepat. Sebab media ini mempunyai sifat alami yang sementara atau sementara.

Kelemahan radio

Selain kelebihan yang telah disebutkan, radio juga mempunyai kekurangan yaitu:

Sekilas

Pendengar tidak dapat mengulangi pesan yang disampaikan melalui radio. Sehingga siarannya cepat hilang dan mudah terlupakan.

Global

Informasi radio tidak rinci. Angka-angka yang disebutkan dalam siaran radio selalu dibulatkan. siaran radio yang menyajikan informasi radio bersifat global, tidak rinci, karena angkanya dibulatkan, misalnya penyiar menyebutkan lebih dari seribu orang sehingga diperoleh angka 1.053 orang.

Kendala waktu

Waktu tayang media ini relatif terbatas yaitu 24 jam sehari dan tidak dapat ditambah menjadi 25 jam sehari atau lebih. Berbeda dengan surat kabar yang bisa menambah jumlah halaman secara leluasa.

Beralur linier

Program-program yang disajikan di radio diurutkan agar dapat dinikmati oleh pendengar. Acara disajikan dan dinikmati oleh pendengar berdasarkan urutan yang ada. Akibatnya, pendengar tidak bisa langsung melompat pada bagian tertentu, seperti saat membaca koran, di mana pembaca bisa langsung membaca bagian yang disukainya.

Berisi gangguan

Misalnya masalah teknis pada faktor kebisingan saluran dan fading. Seperti tenggelam dan gangguan teknis pada saluran faktor kebisingan

By admin