Tue. Apr 23rd, 2024
Kelebihan Dan Kekurangan Radio Untuk Para Pengguna

Kelebihan Dan Kekurangan Radio Untuk Para Pengguna

Kelebihan Dan Kekurangan Radio Untuk Para Pengguna – Radio merupakan sebuah media massa yang digunakan untuk menyampaikan berita atau pesan melalui suara kepada banyak orang.Teknologi radio telah digunakan sejak dahulu kala hingga saat ini yang dapat diakses dengan cepat dan mudah dijangkau hingga ke pelosok desa.

Namun seiring jalannya waktu terwujudlah teknologi gadget yang kita kenal saat ini dan media radio mulai ditinggalkan oleh penggunanya karena dianggap kurang efisien. Namun radio masih digunakan oleh sebagian masyarakat yang membutuhkan, terutama di daerah pedesaan yang terpencil. dengan sinyal dan akses internet yang minim.

Kelebihan Dan Kekurangan Radio Untuk Para Pengguna

Dalam penggunaannya radio mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan media komunikasi lainnya. Agar anda lebih memahaminya simak pembahasannya dibawah ini lebih lanjut mengenai beberapa kelebihan radio bagi pengguna yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Tidak memerlukan biaya banyak dan sederhana

Pemakaian fasilitas radio sangatlah sederhana dan terdapat di banyak toko electronic dengan harga yang pasti lebih murah. Oleh karena itu, radio hingga saat ini masih digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat, baik pelajar, dewasa, maupun orang tua.

2. Dapat diakses dengan mudah dan didengarkan secara offline tanpa koneksi internet

Kelebihan dan kekurangan radio berikutnya adalah dapat diakses sangat mudah dan didengarkan secara offline tanpa koneksi internet.

Sama dengan yang kita ketahui sekarang ini fasilitas radio bisa juga diakses dengan cepat dan mudah hanya dengan perangkat smartphone anda. Apalagi untuk menggunakannya tidak perlu membutuhkan koneksi internet atau (offline) dan cuma memerlukan koneksi headset sebagai antena radio.

3. Bisa dipakai agar bisa mendengarkan siaran dengan jarak jauh

Seperti yang saya kutip sebelumnya pada bagian pengertian radio, media massa ini. Interaksi dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik agar dipancarkan melalui stasiun radio dan kemudian diterima oleh unit radio. Jadi kita selalu bisa dengar siaran radio meskipun dari jarak jauh tanpa harus memerlukan perantara tambahan.

4. Lebih fleksibel dan praktis

Pada umumnya perangkat radio hanya terdiri dari beberapa komponen, antara lain ada komponen baterai yang berfungsi sebagai sumber tenaga, kemudian ada loudspeaker yang berfungsi menghasilkan suara dari siaran radio, dan antena untuk menerima sinyal. Di era modern ini, perangkat radio juga berukuran kecil yaitu seukuran smartphone sehingga membuat radio semakin praktis dan fleksibel saat dibawa ke banyak tempat.

Perlu diketahui juga bahwa perangkat radio generasi pertama memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda dengan radio masa kini. Pada awalnya radio berbentuk seperti lemari mini yang memakan banyak tempat dan cukup berat untuk dibawa kemana-mana layaknya perangkat smartphone, namun radio terus berkembang dan mempunyai berbagai bentuk sederhana seperti yang kita kenal sekarang.

5. Menjangkau wilayah dengan akses sinyal yang minim

Keunggulan radio berikutnya adalah menjangkau wilayah atau wilayah yang akses sinyalnya minim. Dalam penggunaannya, perangkat radio tidak memerlukan sinyal sebanyak koneksi internet. Oleh karena itu, radio banyak digunakan di daerah yang minim sinyal, seperti pedesaan.

6. Dapat digunakan untuk menyasar pendengar di wilayah tertentu

Dalam hal ini radio mempunyai keunggulan dalam menyasar pendengar pada wilayah tertentu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Oleh karena itu siaran radio dapat diterapkan kepada banyak pemirsa berdasarkan wilayah tertentu, tentunya hal ini dapat selanjutnya dimanfaatkan oleh lembaga penyiaran dalam menyampaikan suatu pesan atau sesuatu yang terfokus pada suatu objek tertentu.

Segala sesuatu di dunia ini mempunyai kekurangannya masing-masing, begitu pula dengan teknologi radio. Di bawah ini pembahasan beberapa kekurangan radio yang perlu diketahui pengguna, antara lain:

1. Tidak ada gambar visual dan hanya suara

Kelebihan dan kekurangan radio yang pertama adalah tidak adanya gambar dan hanya ada suara. Pastinya hal ini tentu berbeda dibandingkan dengan media televisi yang mengutarakan sesuatu dengan menggunakan seluruh elemen seperti tampilan visual dan suara , baik gambar maupun video.

Oleh karena itu perangkat radio kurang digemari sebagian masyarakat dan mulai tergantikan dengan penggunaan perangkat televisi sebagai media penyampaian komunikasi dan informasi. Tentu saja hal ini menjadi salah satu kelemahan radio yang dalam penggunaannya hanya memanfaatkan satu unsur yaitu suara.

2. Siaran yang tidak dapat dibatalkan

Dalam melakukan siaran di radio pastinya membutuhkan seorang penyiar yang memiliki kemampuan yang baik atau berkompeten dalam menyampaikan suatu hal, baik itu berita maupun pesan. Hal paling mendasar yang diperlukan adalah tanggung jawab dan sikap yang selalu berhati-hati terhadap apa yang ingin disiarkan, sehingga sesuatu yang disampaikan kepada pemirsa radio menjadi lebih fokus dan jelas.

Tentu saja hal ini diperlukan karena sifat siaran radio tidak dapat ditarik kembali, sekali suatu siaran radio dapat langsung didengarkan oleh banyak orang. Berbeda dengan media informasi seperti YouTube yang bisa ditarik kembali jika terjadi kesalahan dalam penyampaian pesan atau hal lainnya.

3. Terkesan jadul dan kurang digemari anak muda

Seperti kita ketahui, saat ini televisi dan media sosial lebih banyak digemari oleh kalangan anak muda masa kini. Hal ini dikarenakan media mempunyai tambahan gambaran visual untuk menyampaikan sesuatu sehingga memudahkan mereka dalam memahami isi pesan atau berita yang disampaikan. Maka tidak heran jika sebagian besar pemirsa siaran radio saat ini berasal dari kalangan dewasa dan lanjut usia.

4. Rentan terhadap gangguan sinyal

Keuntungan dan kerugian terakhir dari radio adalah rentan terhadap gangguan sinyal. Dalam penggunaannya, siaran radio berkomunikasi melalui gelombang elektromagnetik.

Transmisi sinyal ini juga dapat terhambat apabila terdapat beberapa gangguan. Seperti cuaca ekstrim, petir, hujan lebat atau adanya hambatan lain. Yang mencegah sinyal pemancar, baik itu bangunan, pohon, atau bentuk bumi itu sendiri.

By admin